Cara mengobati Kista Ganglion dengan Bawang Merah from Ling Shen Yao's blog



Ganglion adalah jenis kista yang merupakan benjolan lunak atau tumor jinak yang tumbuh di area sendi. Selai itu, benjolan ini juga dapat tumbuh di bagian jaringan yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang (tendon). Isi kista ganglion berupa cairan sendi dan paling sering tumbuh di lengan atau pergelangan tangan.  


Perlu Anda ketahui, bahwa kista ganglion dapat terjadi pada segala usia, baik pria maupun wanita. Meskipun begitu, penyakit ini rentan dialami oleh wanita berusia 20 sampai 40 tahun. Selain itu, kista ganglion bisa saja tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala, tetapi bisa juga terasa nyeri, terutama jika posisinya mengganggu pergerakan sendi.


Gejala Kista Ganglion

Gejala yang dirasakan saat munculnya ganglion ialah akan timbul rasa sakit yang membuat kalian tidak nyaman. Namun bila benjolan tersebut terjadi pada daerah saraf maka gejala yang dirasakan berupa-rupa seperti, mati rasa, kesemutan, serta hilangnya mobilitas. Maka dari itu rasa sakit harus segera di redakan dengan beberapa tumbuhan yang dapat mengobati ganglion.


Gejala yang akan dialami oleh penderita kista ganglion antara lain :

  • Akan Muncul benjolan yang berbentuk bulat tidak sempurna yang ukurannya sebesar buah duku.
  • Benjolan tersebut umumnya sering muncul di sendi tangan dan pergelangan tangan, namun bisa juga muncul di daerah lain, seperti kaki dan pergelangan kaki.
  • Ukuran benjolan akibat kista ganglion dapat berubah-ubah, terutama saat sendi digerakan secara berulang (akan semakin membesar).
  • Umumnya, benjolan tidak menimbulkan rasa nyeri. Akan tetapi, jika menekan saraf, maka dapat menimbulkan rasa nyeri, kaku, kesemutan, hingga otot menjadi lemah. Rasa nyeri juga akan semakin parah ketika sendi digerakkan.

Penyebab Kista Ganglion

Kista ini terbentuk saat cairan pada sendi menumpuk dan membantuk sebuah benjolan pada sendi yang di sebut tendon. Walau demikian, penyebab terbentuknya kista ganglion sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa kondisi yang diduga dapat meningkatkan risikio seseorang mengalami kista ganglion, seperti cedera pada persendian dan Osteoartritis.


Penyebab kista ganglion itu sendiri ialah merupakan suatu trauma pada jaringan atau sel yang ada di bawah kulit mengalami kerusakan sebelumnya. Yang dimana hal tersebut menjadikan kista kecil yang kelamaan menumpuk dan menjadikan suatu benjolan besar. Ini merupakan salah satu dari penyebab ganglion tersebut. Untuk penyebab lainnya ada yang menyebutkan adanya suatu kerusakan yang terjadi pada sendi atau tendon, yang mengakibatkan jaringan pada tendon tersebut menonjol menjadi keluar.

Ada pun beberapa faktor lainnya yang dapat membuat orang bisa terkena ganglion :
  • Ganglion dapat menyerang siapa saja dan tidak pandang usia maupun jenis kelamin. Tetapi  yang paling sering terkena ganglion biasanya pada wanita yang berusia 20 sampai 30 tahunan.
  • Pernah cedera sendi , sehinngga memungkinkan  kista untuk berkembang.
  • Terlau sering menggunakan sendi, khususnya pada wanita yang suka senam. Akibatnya sendi aus karena penggunaan yang berlebih.
  • Bagi orang yang memiliki penyakit rematik arthitis akan berisiko tinggi untuk terkena kista. Karena  terdapat cedera pada persendian jari yang mengakibatkan timbulnya kista.

Biasanya jika kista menyebabkan rasa sakit atau membatasi gerak sendi, maka ada dua pilihan pengobatan yaitu :

  1. Aspirasi : ini adalah proses pengeluaran cairan , yang dilakukan dengan menggunakan jarum suntik
  2. Operasi pengangkatan kista : Prosedur bedah ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan kista ganglion atau tumor jinak pada tangan. Walaupun cara ini terbilang sukses tapi bisa saja kista muncul kembali.

Penanganan Kista Ganglion

  • Kista ganglion yang tidak menimbulkan gejala cenderung tidak memerlukan penanganan dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, apabila benjolan terasa sakit sehingga mengganggu aktivitas, maka dokter akan melakukan cara-cara di bawah ini :
  • Menahan Gerakan Sendi (Immobilization), yakni doter akan menahan gerakan sendi Anda dengan cara menahan atau membatasi pergerakan sendi yang bermasalah.
  • Penyedotan Cairan (Aspirasi), cara ini dilakukan dengan cara menusuk jarum pada benjolan untuk mengeluarkan cairan yang terdapat di dalam kista.

Mengobati kista ganglion dengan bawang merah

Bawang merah sebagai obat ganglion sangat alami sekali dan sudah sangat ampuh untuk pengobatan lainnya. Kondisi benjolan tersebut sangat perlu di cegah karena bila keadaan tidak membaik dan benjolan akan terus membesar dan susah untuk hilang. Pengobatan kista ganglion memang memiliki banyak cara hingga sedot serta operasi. Akan tetapi alangkah baiknya mencoba dengan cara yang alami dan tanpa efek samping sekaligus.

Untuk tanaman itu sendiri bisa kalian dapatkan dimana saja, bahkan sudah banyak sekali yang di perjualkan di mini market, sehingga kalian tidak perlu susah payah untuk mencarinya, dan harganyapun sangat terjangkau, tidak terlalu mahal.

kalian bisa menggunakan bawang merah sebagai obat ganglion. Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dimiliki bawang merah sehingga bawang merah dapat memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan. Salah satunya ialah mengobati kista ganglion itu sendiri.

Apa Kista Berbahaya ?

Sebelumnya anda harus tahu dulu kista apa yang anda derita, Kista terdapat berbagai jenis yaitu :

  • Kista Dermoid :Kista ini tumbuh seperti jerawat kecil letaknya bisa di permukaan kulit dan oragan lainnya, baik itu organ dalam maupun luar.
  • Kista Epidermoid : Kista ini timbul karena adanya penumpukan keratin. Benjolan  kista biasnya berukuran 0,5 cm - 2 cm, dan umumnya tidak berbahaya. Tetapi bila di biarkan maka akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.
  • Kista payudara :Kista ini terletak di dalam payudara, ukurannya kecil dan dapat berpindah-pindah
  • Kista ginjal : kista ini bersifat cairan yang berada pada ginjal dan biasanya terkena pada orang yang sudah lanjut usia. Sel kista ini bersifat kanker sehingga dapat memicu penyakit ginjal.
  • Kista ovarium : Umumnya kista ini dapat terjadi pada semua wanita dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika terdapat kista dengan ukuran besar di sekitar dinding rahim maka harus dilakukan operasi pengangkatan
  • Kista ganglion : Kista ini terletak di pergelangan tangan,biasanya penyakit ini timbul akibat cedera pada bagian tangan. Jika keadaan makin parah makan akan terasa  gejala seperti kesemutan dan mati rasa pada sendi.
  • Kista Baker's : Kista ini tumbuh pada lutut bagian bawah yang di akibatkan oleh cairan synovial yeng terlalu banyak cairan, kemudian bocor akibat tekanan pada lutut.Jika dibiarkan maka akan merambat pada betis.
  • Kista Bartholin : Kista ini muncul di sekitar vagina yang bila mana jika disentuh akan terasa tidak nyaman dan saat berhubungan seksual akan terasa nyeri.
  • Kista Serviks : Bentuk Kista ini muncul pada dinding rahim dan jika di biarkan maka akan sulit untuk mendapatkan keturunan.

Jadi bila pada kasus ini yang anda alami adalah kista ganglion Pertanyaan ini bisa dijawab dengan  ya dan bisa juga tidak. Umumnya kista bisa hilang dengan sendirinya sekitar 1 sampai 3 bulan. Intinya jika kista masih bersifat jinak kemungkinan bisa hilang dengan sendirinya dan apabila sudah ganas harus cepat dilakukan pencegahan karena bisa bahaya.

 

Baca Juga : Harga Obat Herbal Kista: Yang Teregistrasi BPOM & Teruji

 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment