Tanaman Obat ini dapat Membantu Mengatasi Tumor Otak from Ling Shen Yao's blog


Mendengar penyakit tumor otak, tentunya cukup membuat kita semua merinding, mengingat otak merupakan organ vital yang sangat penting bagi manusia. Oleh sebab itu, penyakit ini harus segara diatasi sebelum menjadi fatal. Selain perawatan medis, Anda juga dapat mengimbanginya dengan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tanaman obat untuk tumor otak.

 

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa tumor otak adalah suatu penyakit yang timbul akibat adanya pertumbuhan jaringan abnormal di otak. Ada dua jenis tumor otak, yaitu tumorotak jinak dan tumor otak ganas.

 

Perlu Anda ketahui, bahwa munculnya tumor di otak bisa jadi berasal dari jaringan otak itu sendiri, yang mana kondisi ini disebut dengan tumor otak primer. Selain itu, tumor otak juga dapat berasal dari kanker pada organ lain yang menyebar ke otak, di mana kondisi ini disebut dengan tumor otak sekunder.

 

Tumor otak dibagi menjadi 4 tingkatan yang dikelompokan berdasarkan perilaku tumor tersebut. Dalam hal ini, jika dinilai dari kecepatan pertumbuhan dan cara penyebarannya, untuk tingkat 1 dan 2 tumor otak tergolong jinak dan tidak berpotensi menjadi ganas atau kanker. Sementara itu, pada tingkat 3 dan 4 tumor biasanya berpotensi menjadi kanker. Maka dari itu, kondisi ini juga sering disebut sebagai tumor otak ganas atau kanker otak.

 

Penyebab Tumor Otak

 

Secara umum, penyebab utama tumbuhnya tumor otak adalah akibat adanya perubahan atau mutasi genetik di dalam sel otak. Namun sayang sekali penyebab perubahan atau mutasi genetik tersebut masih belum diketahui penyebabnya. Meski demikian, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tumor otak. Diantaranya adalah faktor usia, faktor genetik (keturunan), serta pernah menjalani radioterapi.

 

Gejala Tumor Otak

 

Sebenarnya, gejala tumor otak berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Jika tumor otak berukuran kecil, maka cenderung tidak mennimbulkan gejala apapun. Sementara itu, gejala yang dikeluhkan pengidap dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Diantaranya adalah ukuran dan lokasi tumor, serta kecepatan pertumbuhannya. Tumor otak yang tumbuuh secara perlahan jga cenderung tidak menimbulkan gejala apapun.

 

Seiring berjalannya waktu dan perubahan ukuran tumor, tumor yang ada juga dapat memberi tekanan pada otak, sehingga menimbulkan gejala. Gejala yang paling umum adalah sakit kepala atau kejang-kejang. Selain itu, tumor otak yang berada pada lokasi tertentu juga memiliki risiko menyebabkan masalah pada sistem kinerja otak. Dalam hal ini, otak tidak dapat berfungsi dengan baik, sebagaimana mestinya.

 

Dalam beberapa kasus, munculnya tumor otak juga dapat menimbulkan gejala gangguan pada ingatan, gangguan pada panca indra, tubuh mati rasa, hingga terjadinya kelumpuhan pada otot wajah.

 

Diagnosis Tumor Otak

 

Dalam mendiagnosis tumor otak, biasanya dokter akan mengawali dengan wawancara medis dan pemeriksaan fisik berdasarkan keluhan yang dialami pasien. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan saraf, seperti pemeriksaan kekuatan otak, penglihatan atau pendengaran, hingga saraf wajah.

 

Setelah itu, dokter akan melanjutkan pada pemeriksaan penunjang guna melihat ada tidaknya tumor di dalam otak. Pemeriksaan penunjang tersebut bisa berupa CT scan, PET scna, atau MRI.

 

Pengobatan Tumor Otak

 

Seseorang yang didiagnosis mengalami tumor otak harus segera melakukan pengobatan. Sebab, semakin cepat penyakit tumor otak ditangani, maka semakin mudah penanganannya. Sementara itu, apabila tidak segera ditangani, maka kondisi ini bisa bertambah parah. Dalam kebanyakan kasus, tumor otak tidak menyebar dan hanya diam di suatu tempat saja. Meski demikian, tumor otah juga dapat memberikan tekanan dan merusak area di sekitanya.

 

Sementara itu, metode pengobatan tumor otak sendiri tergantu pada berbagai macam hal, mulai dari jenis, ukuran, dan lokasi tumor tersebut.

 

Untuk prosedur operasi pengangkatan tumor yang dilakukan pada tumor otak jinak, umumnya berhasi ditangani dan tumor pun tidak muncul kembali. Kondisi ini juga tidak menyebabkan masalah berkelanjutan di kemudian hari.

 

Sementara itu, pada jenis tumor otak giloma stadium 2. Umumnya tumor sering tumbuh kembali meski telah menjalani pengobatan atau operasi pengangkatan. Tak hanya itu, jenis tumor otak ini juga memiliki potensi untuk menjadi ganas. Bahkan, penyebarannya dan pertumbuhannya pun cenderung lebih cepat. Biasanya, dokter juga akan menyarankan beberapa jenis terapi untuk membantu proses pemulihan tumor otak, seperti kemoterapi dan terapi radiasi (radioterapi).

 

Tanaman Obat Tumor Otak

 

Berikut adalah beberapa tanaman herbal yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat tumor otak, yaitu :

 

1. Indigofera

 

Tanaman indigofera dikenal memiliki kandungan senyawa yang bernama indirubin, yakni senyawa yang sering dijadikan sebagai bahan aktif dalam pengobatan tradisional Cina. Bahkan, kandungan yang terdapat dalam tanaman indigofera dapat memblokir penyebaran jenis tumor ganas ke area lain di otak.

 

2. Kunyit

 

Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang rasanya selalu masuk sebagai daftar tanaman obat berkhasiat yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit dapat menjadi salah satu bahan alami yang dapat sigunakan untuk membantu pengobatan tumor otak

 

3. Boswellia

 

Boswellia merupakan tanaman herbal yang biasanya dijadikan sebagai obat penyakit sendi. Namun, ternyata tanaman yang satu ini juga dapat membantu mengobati tumor otak ganas atau kanker otak. Hal ini disebabkan karena tanaman ini dapat membantu mengurangi pembengkakan di otak pada penderita glioblastoma (kanker ganas di otak) yang merupakan efek samping dari pengobatan kemoterapi dan radioterapi.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tumor otak dan berbagai tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi penyakit tersebut. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

 

Baca Juga : Obat Kanker Tanpa Operasi

 

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/

 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment