Kista Bisa Hilang dengan Olahraga from Ling Shen Yao's blog


Kista merupaka benjolan atau tumor jinak yang dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja. Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga tidak memerlukan penanganan yang serius, bahkan katanya kista juga bisa diatasi dengan olahraga rutin. Lantas, bisakah kista hilang dengan olahraga? Simak ulasan di bawah ini.

 

Benjolan kista sendiri ada beberapa jenis, ada yang berisi cairan, gas atau udara, rambut, gigi, atau semisolid. Meski kista merupakan penyakit jinak, namun kista dapat membesar dan menimbulkn gejala yang mengganggu pada pengidapnya.

 

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa kista dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, seperti di kulit, otot, tulang, dan organ dalam tubuh, seperti ginjal, rahim, hingga indung telur (ovarium). Nah, salah satu jenis kista yang paling banyak dialami oleh wanita adalah kista di indung telur, atau yang disebut dengan kista ovarium.

 

Kista ovarium adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan berbentuk kapsul atau kantong berisi cairan yang terbentuk dan berkembang di ovarium. Kondisi ini bisa timbul baik di salah satu maupun kedua ovarium, sebab pada dasarnya setiap wanita memiliki dua buah ovarium.

 

Dalam beberapa kasus, kista ovarium tidak menimbulkan gejala apa pun pada pengidapnya. Hal ini yang membuat wanita dengan kista ovarium seringkali tidak menyadari bahwa Ia tengah mengalami kondisi tersebut. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, kista ovarium juga dapat menimbulkan gejala, yang di antaranya adalah :

 

- Siklus haid yang tidak teratur.

- Nyeri haid yang berlebihan.

- Periode haid yang lebih panjang.

- Nyeri saat melakukan hubungan intim dan saat buang air besar.

- Adanya tekanan pada bagian bawah kandung kemih, yang membuat pengidap sering buang air kecil.

 

JIka Anda merasa mengalami gejala kista ovarium seperti yang telah disebutkan di atas, maka jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter sebelum mengajukan tindakan untuk operasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan atau mendiagnosis apakah Anda benar-benar memiliki kista ovarium atau bukan.

 

Benarkah kista bisa sembuh dengan olahraga?

 

Dalam kebanyakan kasus kista dapat menyusut dan menghilang dengan sendirinya tanpa melakukan perawatan khusus. Namun, apabila kista tersebut tumbuh dengan ukuran yang cukup besar, yakni 5cm atau lebih, maka kista tersebut hanya dapat dihilangkan dengan menjalani operasi pengangkatan kista. Pasalnya, kista yang berukuran besar sangat berisiko dan dapat menimbulkan rasa nyeri serta pendarahan hebat pada pengidapnya. Sehingga, operasi pengangkatan kista menjadi metode pengobatan yang harus dipilih untuk mengatasi kondisi ini.

 

Anda juga tidak perlu khawatir, sebab kista tidak lantas membuat wanita tidak bisa hamil. Hal ini disebabkan karena, operasi ini hanya akan mengankat kista saja, tanpa melibatkan ovarium. Namun lain halnya jika kista membungkus kedua ovarium, jika kondisi seperti ini terjadi, maka pengangkatan ovarium bisa menjadi pertimbangan.

 

Sementara itu, pada dasarnya olahraga memang selalu memberikan dampak yang baik bagi tubuh Anda, salah satunya adalah dapat membantu meredakan gejala kista ovarium. Hal ini disebabkan karena, olahraga dapat mengurangi ketegangan otot.

 

Selain itu, olahraga juga dapat membantu meredakan rasa nyeri dengan mengencangkan otot, sehingga dapat mencegah pertumbuhan kista menjadi lebih besar. Anda dapat mencoba berbagai jenis olahraga, seperti lari, renang, sepeda, hingga yoga. Namun, bukan berarti kegiatan olahraga dapat membuat kista hilang secara keseluruhan.

 

Intinya, olahraga hanya akan membantu meredakan gejala kista seperti nyeri dan pembengkakan. Sementara itu, penanganan kista tanpa operasi biasanya hanya bertujuan untuk meredakan gejalanya.

 

Selain olahraga, berikut ini adalah beberapa cara lain untuk mengatasi gejala kista yang dapat Anda lakukan secara mandiri :

 

1. Terapi panas

 

Zat panas dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga pada akhirnya dapat membantu meredakan rasa nyeri yang timbul akibat kista. Anda hanya perlu mengompres bagian tubuh yang ditumbuhi kista dengan kompres hangat. Anda dapat membasahi handuk bersih dengan air panas atau hangat, kemudian peras, atau Anda juga dapat menggunakan botol atau bantal kompres.

 

Kompres bagian perut atau bawah panggul sekitar 20 menit dan lakukan perawatan ini sesering mungkin, terutama jika kista menimbulkan rasa nyeri. Perawatan ini dipercaya efektif untuk menghilangkan kista varium yang masih berukuran kecil, terutama saat menstruasi.

 

2. Minum Teh Chamomile

 

Mengonsumsi teh herbal seperti teh chamomile juga nerupakan cara unik dan mudah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi dan menyembuhkan kista secara alami. Teh chamomile juga dapat memberikan efek menenangkan, sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat kista. Dengan begitu, tubuh pun akan terasa lebih rileks dan Anda pun akan lebih nyaman dalam melakukan aktivitas.

 

Selain itu, sensasi hangat pada teh juga dapat mengatur siklus haid yang tidak teratur dengan merangsang aliran darah di daerah panggul dan uterus.

 

Cara mengilah teh chamomile pun cukup mudah, yakni dengan menyampurkan dua sendok teh chamomile kering dengan secangkir air panas. Kemudian tutup dan diamkan teh selama 5 menit, lalu saring. Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh madu agar rasanya lebih nikmat. Minum 2-3 cangkir teh chamomile setiap hari secara rutin.

 

3. Pijat dan relaksasi

 

Nyeri yang timbul akibat kista ovarium dapat menyebabkan otot di sekitarnya menjadi tegang, terutama saat mengalami menstruasi. Maka dari itu, Anda juga dapat memijat punggung bagian bawah, paha, serta perut untuk mengurangi ketegangan otot dan meredakan rasa nyeri.

 

4. Minum cuka sari apel

 

Mengonsumsi cuka sari apel juga dapat membantu mengecilkan ukuran kista ovarium. Anda hanya perlu menyeduh satu sendok cuka apel dengan segelas air hangat, kemudian minum selagi hangat sebanyak dua gelas sehari. Namun perlu Anda ingat, janganlah melakukan perawatan ini saat Anda sedang dalam masa menstruasi, sebab dapat menyebabkan pendarahan hebat dan kram perut akibat menstruasi yang berlebihan.

 

5. Mengonsumsi kacang almond

 

Anda juga dapat mengonsumsi kacang almond untuk mengatasi kista. Hal ini disebabkan karena, almond memiliki kandungan magnesium tinggi yang dapat membantu mengataso nyeri dan memperkecil ukuran kista. Caranya bisa dikonsumsi secara langsung, maupun mengolah almond menjadi susu almond, yang tentunya tanpa tambahan gula. Anda juga dapat menggunakan minyak almond guna mengompres bagian perut.

 

6. Mengonsumsi buah bit

 

Buah bit kandungan betasianin, yang mana dapat membantu organ hati untuk membersihkan racun di dalam tubuh, termasuk kista ovarium. Selain itu, buah bit juga memiliki sifat asam yang dapat membantu melarutkan kista perlahan-lahan secara alami.

 

Caranya pun cukup mudah, yakni Anda hanya perlu memblender halus buah bit dengan campuran stroberi, jambu merah, dan wortel. Setelah itu,minum jus ini setiap pagi sebelum sarapan untuk menghilangkan kista ovarium dengan maksimal.

 

7. Kendalikan kadar hormon estrogen di dalam tubuh

 

Untuk mencegah dan meredakan gejala kista ovarium, Anda perlu menjaga keseimbangan kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Pasalnya, hormon estrogen yang terlalu besar di dalam tubuh dapat memengaruhi siklus menstruasi dan juga memperbesar ukuran kista.

 

Baca Juga : Tips Cara Mencegah Penyakit Kista


 

https://lingshenyao.id/obat-penghancur-kista/


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment