Inilah Penyebab Tumor Payudara Tumbuh Lagi from Ling Shen Yao's blog


Tumor payudara merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak menyerang wanita. Namun, tahukah Anda bahwa tumor payudara dapat tumbuh kembali meski telah dilakukan operasi atau pembedahan. Lantas apa penyebab tumor payudara tumbuh lagi? Simak ulasan di bawah ini. 

 

Sebelum membahas mengenai penyebab tumor payudara tumbuh lagi, ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh seperti apa itu penyakit tumor payudara itu.Tentunya, sebagai wanita Anda akan merasa takut, panik, dan khawatir ketika dirinya terdiagnosis mengalami tumor payudara. Pasalnya, kondisi ini seringkali dikaitkan dengan kanker payudara yang mana merupakan salah satu penyakit paling mematikan bagi wanita. Padahal, tidak semua benjolan di payudara bersifat berbahaya atau kanker. 

 

Perlu Anda ketahui bahwa, dalam sebagian besar kasus benjolan yang muncul di payudara sebenarnya merupakan jenis tumor payudara jinak. Maka dari itu, penting bagi Anda, khususnya para wanita, untuk mengetahui perbedaan antara benjolan tumor payudara yang bersifat jinak dan benjolan tumor payudara ganas, atau yang disebut dengan kanker payudara, seperti yang akan dijelaskan dalam ulasan di bawah ini.

 

Tumor payudara jinak merupakan benjolan tumor yang terbentuk di payudara, tidak terbentuk dari sel-sel ganas, dan tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Umumnya tumor jinak tidak membahayakan nyawa penderitanya.

Jenis Tumor Payudara Jinak

Berikut ini adalah beberapa jenis tumor payudara jinak yang umum terjadi, yaitu :

Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan jenis tumor payudara jinak yang dapat dibilang paling umum dan paling sering dialami oleh wanita, mulai dari usia 15 sampai 35 tahun. Penyebab utama fibroadenoma adalah akibat adanya sel-sel di kelenjar dan jaringan ikat di payudara yang tumbuh secara berlebihan. Fibroadenoma juga diduga dapat terjadi akibat perubahan hormon estrogen yang ada di dalam tubuh wanita.

 

Dalam kebanyakan kasus, benjolan pada fibroadenoma dapat hilang dengan sendirinya, namun terkadang kondisi ini juga dapat menetap dan tumbuh membesar.

Fibrokistik

Jika benjolan yang tumbuh di payudara Anda hilang dan timbul sesuai dengan siklus menstruasi Anda, maka kemungkinan itu adalah fibrokistik. Kondisi ini umumnya muncul akibat adanya perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. Biasanya, fibrokistik dialami oleh wanita dengan kisaran usia 20 hingga 50 tahun.

Kista Payudara

Kista payudara merupakan kantong atau benjolan berisi cairan yang bisa tumbuh pada salah satu maupun kedua payudara. Benjolan ini bersifat jinak alias non-kanker, sehingga Ada tidak perlu terlalu khawatir.

 

Kista payudara dapat terjadi pada wanita di berbagai usia, namun paling sering dialami oleh wanita dengan kisaran usia 35 hingga 50 tahun.

 

Perbedaan Tumor Payudara Jinak dan Ganas

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang membedakan antara tumor payudara jinak dan ganas atau kanker payudara :

- Tumor payudara jinak cenderung memiliki batasan yang jelas di antaranya dengan jaringan lain yang berasa di sekitarnya. Sementara itu, benjolan yang muncul di payudara akibat tumor payudara ganas atau kanker payudara tidak memiliki batasan yang jelas.

- Benjolan yang muncul akibat tumor jinak di payudara biasanya dapat digerakkan ketika disentuh. Namun, jika benjolan tumor adalah tumor ganas atau kanker, maka benjolan tersebut cenderung tidak dapat digerakkan sama sekali dan seperti menyatu dengan jaringan di sekitarnya.

- Benjolan tumor payudara jinak memiliki tekstur yang cenderung lebih kenyal dan terasa lunak ketika Anda menyentuhnya. Sementara itu, tumor payudara ganas atau kanker payudara justru akan terasa keras dan padat ketika Anda menyentuhnya.

Penanganan Tumor Payudara Jinak

 

Sebenarnya, dalam kebanyakan kasus yang ada, tumor payudara jinak justru tidak memerlukanperawatan khusus. Hal ini disebabkan karena,tumor tersebut dapat menyusut dan menghilang dengan sendirinya. Sementara itu, tindakan medis atau operasi baru akan dilakukan apabila tumor payudara jinak semakin membesar dan menimbulkan rasa nyeri.

 

Berikut ini beberapa prosedur yang dapat dilakukan untuk mengangkat tumor jinak yang ada di payudara :

 

- Bedah lumpektomi, yaitu prosedur yang dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat tumor atau benjolan yang tidak terlalu besar, beserta dengan sebagian kecil jaringan sehat yang ada di sekitarnya.

 

- Bedah krioterapi, yakni prosedur bedah yang dilakuakn dengan menggunakan jarum khusus, yang mana akan dimasukkan langsung ke area tumor payudara. Setelah itu, melalui jarum ini akan disemprotkan gas cair yang dapat membekukan dan menghancurkan jaringan tumor yang ada.

Apakah tumor payudara jinak bisa tumbuh lagi?

 

Perlu Anda ketahui, bahwa terkadang tumor atau benjolan dapatmuncul lagi di payudara meski telah dilakukan operasi pengangkatan tumor. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab hal ini bukan berarti tumor tersebut berubah menjadi tumor ganas atau kanker, melainkan adanya tumor jinak baru yang tumbuh di payudara. Penyebab tumor jinak tumbuh kembali umumnya adalah akibat pengangkatan tumor jinak yang tidak tuntas.

 

Maka dari itu, penting bagi Anda yang sudah melakukan operasi tumor payudara untuk melakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala untuk memastikan bahwa tak ada lagi jaringan tumor yang tumbuh di payudara.

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa benjolan yang tumbuh di payudara sering kali merupakan tumor payudara jinak. Meski begitu, penting bagi Anda untuk mengenal ciri-ciri tumor payudara jinak dan ganas seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab munculnya benjolan tersebut serta agar mendapatkan penanganan secara cepat.

 

Pencegahan Tumor Payudara

 

Meski tidak ada cara spesifik yang dapat mencegah terjadinya tumor payudara secara langsung, namun Anda harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan dengan rutin berolahraga. Pasalnya, gaya hidup sehat merupakan kunci utama untuk dapatterhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk tumor payudara

 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi payudara Anda dengan rutin secara mandiri. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan payudara dengan bantuan medis, yaitu skrining. Skrining dilakukan untuk mendapat diagnosis dan hasil pemeriksaan yang lebih akurat mengenai kondisi payudara Anda.

 

Penanganan Tumor Payudara Jinak Dengan Obat Herbal

 

Selain dengan menjalani pengobatan tumor payudara secara medis, tumor payudara juga dapat diobati dengan memanfaatkan obat herbal. Salah satu obat tumor payudara yang terbukti ampuh menumpas tumor payudara dan mencegah terjadinya kanker payudara adalah obat herbal Ling Shen Yao.



 

Obat herbal Ling Shen Yao terbuat dari bahan alami berkualitas yang berkhasiat dalam menumpas berbagai macam penyakit, di antaranya adalah tumor, kista, miom, endometriosis, hingga kanker. Obat herbal yang satu ini juga telah teruji secara klinis di Perguruan Tinggi negeri Terakreditasi dan telah terdaftar di BPOM. Anda juga tidak perlu khawatir, sebab obat herbal Ling Shen Yao telah mendapat label ahala dari MUI.

 

Jika Anda tertarik untuk mencoba obat herbal Ling Shen Yao, silahkan kunjungi websitenya disini.


https://lingshenyao.id/obat-herbal-tumor-payudara/

 


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment